Perilaku Produsen I

Author: hendri suryanto // Category:

OPTIMALISASI PRODUKSI
Dalam memproduksi sebenernya perushaan dibatasi oleh penggunaan sumber daya modal, tenaga kerja, tempat (ruang), teknologi dan waktu. Ilmu ekonomi ortodok umumnya mengabaikan faktor ruang (factor ruang secara khuu hanya dipelajari dalam teori ekonomi regional yang tidak semua akademisi ekonomi menguasainya dengan baik) dan waktu karena berhubungan dengan ketidak pastian (uncertainty), padahal ketidak pastian akan “ memberantakan” model dan teori ekonomi yang dipelajari selama ini yang menguraikan fenomena ekonomi ama dengan cara bekerja “mesin” yang bisa di “stel” ehingga munculah asumsi “kurang” masuk akal yaitu rasionalisasi dalam setiap tindakan manusia. Perusahaan adalah tempat berkumpulnya orang yang rasional jadi analisis yang berhubungan dengan perusahaan semuanya menyangkut factor sumber daya yang bisa dirasionalkan yaitu modal (uang) dan manusia (tenaga kerja).
            Dalam uraian berikut ini tidak dengan maksud untuuk “latah” mengikuti teori ekonomi ortodok yang “relative lemah” sebagaimana juga yang banyak tertera dalam literature ekonomi Indonesia, akan tetapi  harus diakui bahwa sekedar untuk mempermudah penjelasan teoritis maka analisis yang menggunakan factor produksi modal dan atau tenaga kerja memang ada manfaatnya juga yaitu memberikan penjelasan tentang bagaimana perilaku (produsen) dalam mengoptimalkan tindakan operasional.
            Pada bagian berikut ini akan di bahas kajian klasik (tradisional) dalam ilmu ekonomi mikro tentang teori produksi yang menggunakan 1 faktor produksi dan 2 faktor produksi. Pembahasan akan dimulai dengan penganta lalu kajian teoritis dan diakhiri dengan aplikasi model ekonomi matematika sederhana.


refrensi :
1. Putong, Iskandar. 2010. economics pengantar micro. Jakarta : mitra wacana media

0 Responses to "Perilaku Produsen I"

Posting Komentar